Illiza Serahkan 50 Unit Lampu Tenaga Surya Untuk Nelayan

Banda Aceh – Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa`aduddin Djamal SE menyerahkan bantuan alat operasional berupa 50 unit lampu tenaga surya kepada nelayan wilayah Lhok Krueng Aceh di Kantor Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pertanian (DKPP) Banda Aceh, Selasa (3/5/2016). Bantuan ini diterima langsung oleh Panglima Laot Wilayah Lhok Krueng Aceh.

Dalam kesempatan ini Illiza mengatakan pada waktu dekat akan dilakukan kerjasama dengan pihak lain dalam program pengolahan ikan. Oleh karena itu ia meminta Kepala DKPP Banda Aceh untuk segera mengeluarkan SK kepada Panglima Laot untuk mensinergikan program-program yang sudah direncanakan.

“Panglima Laot merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam menata kegiatan nelayan,” ungkap Illiza.

Illiza mengharapkan kepala DKPP Banda Aceh untuk lebih sering turun ke lapangan memantau dan berdiskusi langsung dengan nelayan. Dengan hal tersebut, tambahnya, ke depan harus bisa melahirkan tenaga kerja yang handal dan bisa menampung tenaga kerja yang banyak 
Ia juga berharap untuk disediakan berbagai fasilitas kepada nelayan seperti tempat ibadah.

“Jangan sampai nelayan meninggalkan shalat karena tidak ada musalla. Ini merupakan kebutuhan dasar,” imbuh Illiza.

Untuk melahirkan terobosan baru dan memanfaatkan teknologi, Walikota menghimbau DKPP untuk merangkul dan  pihak kampus seperti Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.

“Dengan adanya kajian dan pertemuan rutin maka akan lahir terobosan-terobosan baru ke depan. Kepala dinas harus membangun komunikasi, sosialisasi, dan aplikasi,” tutup Illiza. (hfz)


SHARE: