berita utama
Nurmiaty: DWP Salah Satu Ujung Tombak Im...

12 Dec 2017 | Dikunjungi sebanyak 49 kali.

Banda Aceh - Dharma Wanita Persatuan (DWP) merupakan salah satu ujung tombak dalam mengimplementasikan program pemerintah. Seorang anggota Dharma Wanita harus memahami tugas yang diemban oleh s...

Nyatakan Siap Sebagai Tuan Rumah MTQ ke-...

12 Dec 2017 | Dikunjungi sebanyak 64 kali.

Banda Aceh – Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman SE Ak MM sangat serius memperjuangkan Banda Aceh sebagai tuan rumah MTQ ke 34 tahun 2019. Hal ini dibuktikan saat dirinya mendatangi lang...

Wali Kota Sebut Imum Mukim Emban Tanggun...

12 Dec 2017 | Dikunjungi sebanyak 50 kali.

Banda Aceh - Drs H Bachtiar Nitura MM resmi menjabat sebagai Imum Mukim Lueng Bata periode 2017-2022 menggantikan imum mukim periode sebelumnya Muchtar Hasan. Pengambilan sumpah jabatan dan pe...


Bekali Pekerja Sosial Masyarakat, Cek Zainal: Konsep Dasarnya Ikhlas

Ditulis oleh: Hafid Junaidi | Dikunjungi sebanyak 679 kali.
05 Aug 2017

Banda Aceh - Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin didapuk menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Bimbingan Sosial Dasar bagi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Sabtu (5/8/2017) di Hotel Grand Arabia. Kegiatan yang digelar oleh Dinas Sosial Aceh ini diikuti oleh 46 PSM dari sejumlah kabupaten/kota di Aceh.

Membekali para peserta dengan presentasi bertajuk “Penggalian Potensi Sumber Daya Masyarakat”, pria yang akrab disapa Cek Zainal oleh kawula muda ini berbagi pengalamannya sebagai pekerja sosial atau relawan yang pernah digeluti selama bertahun-tahun.

“Pertama, konsep dasar‎nya adalah ikhlas. Jika sekarang pekerja sosial diberikan uang jerih payah, namun pada zaman kami dulu niatnya lillahi ta’ala. Kami pun wajib membuat laporan untuk setiap kegiatan walaupun honornya tidak ada dalam anggaran,” kenangnya.

Poin kedua yang tak kalah penting, ungkapnya, jika telah mendeklarasikan diri sebagai seorang pekerja sosial, maka orang tersebut harus siap dalam kondisi dan suasana apapun untuk memenuhi setiap panggilan kegiatan sosial. 

“Karena masalah sosial yang muncul tidak pernah terjadwal, tetapi dapat kapan dan dimana saja terjadi. Untuk itu, setiap saat kita harus siap untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Cek Zainal yang sudah aktif sebagai remaja masjid dan anggota karang taruna sedari bangku kuliah ini.

Pria yang pernah berkiprah selama dua periode sebagai anggota DPRA ini juga menekankan pentingnya azas transparansi dalam menjalankan setiap kegiatan kemasyarakatan. “Motivasinya jangan rupiah, tapi murni karena kebutuhan masyarakat dan lillahi ta’ala.

“Dengan begitu, kita sebagai seorang PSM akan selalu bisa berhadapan dengan masyarakat dengan senyuman, dan diterima dengan senyuman pula. Tujuan kehadiran kita di tengah-tengah masyarakat adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami masyarakat,” ungkapnya.

Menutup presentasinya, Cek Zainal kembali menyebut keikhlasan sebagai modal utama yang harus dimiliki oleh setiap PSM. “Keikhlasan pula yang akan mengantarkan seseorang menjadi orang yang hebat. Teruslah berkarya untuk masyarakat, dan jangan lupa berdoa karena sejatinya orang masuk surga itu bukan hanya karena amalannya semata, tetapi karena kasih sayang Allah SWT,” pungkasnya. (Jun)


Update: 05-08-2017
Pemerintah Kota Banda Aceh - Jl. Tgk. Abu Lam U No.7, Banda Aceh 23242 | Telp (0651)22744

Copyright © 2017 Humas Setdakota Banda Aceh