berita utama
Kunjungi Pemondokan Kafilah MTQ, Walikot...

18 Nov 2017 | Dikunjungi sebanyak 63 kali.

  Idi Rayeuk, Aceh Timur - Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM, Sabtu (18/11/2017) mengunjungi pemondokan kafilah MTQ Kota Banda Aceh di Desa Keude Blang, Idi Rayeuk, Aceh Timur.&nb...

Ayo Kunjungi Pemeran Produk Ekonomi Krea...

17 Nov 2017 | Dikunjungi sebanyak 82 kali.

  Banda Aceh - Selama tiga hari mulai Jumat (17/11/2017) hingga Minggu (19/11) mendatang, ada pameran produk ekonomi kreatif dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Taman Bustanussal...

Kafilah MTQ Banda Aceh Bertolak ke Idi

16 Nov 2017 | Dikunjungi sebanyak 132 kali.

Banda Aceh – Kafilah Kota Banda Aceh bertolak ke Idi Aceh Timur untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi ke 33 tahun 2017. Rombongan yang dipimpin Ketua Kafilah yang juga Kepala Dinas Syariat Isla...


Program Unggulan

  • Pembangunan Fly Over (jembatan layang) kawasan Simpang Surabaya, Banda Aceh

Pembangunan jalan layang ini pengerjaannya dimulai tahun 2015 dan ditargetkan selesai pada tahun 2017.  Simpang Surabaya merupakan salah satu titik penting dalam sistem jaringan jalan Kota Banda Aceh karena melayani sistem primer jaringan jalan. Saat ini kapasitas Simpang Surabaya mulai tidak mampu melayani arus kendaraan yang melaluinya. Karenanya, pembangunan jembatan layang merupakan hal mutlak yang harus dilakukan untuk mengatasi kemacetan lalulintas di kawasan tersebut.

Jembatan layang Simpang Surabaya akan dibangun dengan panjang 850,954 meter dan terbagi dalam 8 bentang. Fly over ini juga memilki lebar 17,5 meter.

  • Pembangunan Jalan Bawah Tanah (Underpass)

Selain membangun fly over di Simpang Surabaya, Pemko Banda Aceh sedang berupaya agar pembangunan jalan bawah tanah (underpass) yang menghubungkan Beurawe ke Kuta Alam (samping Hermes Mall hingga Masjid Kuta Alam). Pembangunan ini juga dilaksanakan tahun 2015.

Underpass akan memudahkan para pengendara dari arah Ulee Kareng menuju ke Kuta Alam tanpa harus memutar arah di Jalan T Hasan Dek, begitu juga sebaliknya, masyarakat dari Kuta Alam tidak harus memutar arah di depan Bank BPD Jambo Tape jika ingin ke Ulee Kareng.

Pembangunan underpass ini tidak akan mengganggu jalan yang sudah ada sebelumnya dari Simpang Surabaya menuju Simpang Jambo Tape. Panjang underpass sekitar 200 meter, dan lebarnya disesuaikan dengan kondisi jalan yang ada.

  • Trans Kutaraja Gratis Bagi Pelajar 

Mulai tahun 2015, Pemerintah Kota Banda Aceh mengoperasikan 92 unit Bus Way dengan nama Trans Kutaraja. Transportasi ini di gratiskan bagi siswa di Banda Aceh. Sedangkan untuk mahasiswa akan diberikan keringanan dalam bentuk kartu berbayar yang harganya jauh dibawah tarif standar. 

Saat ini, sejumlah halte sedang dirampungkan. Akan ada 6 koridor yang akan dibuka untuk rute transportasi massal ini, yakni :

  1. koridor 1, akan melayani rute Kota Banda Aceh – Darussalam
  2. koridor 2, jalur Bandara SIM - Terminal Batoh dan ke Ulee Lheue.
  3. Koridor 3, rute Kota Banda Aceh - Mata Ie.
  4. Koridor 4, rute Kota Banda Aceh - Ajuen hingga ke Lhoknga.
  5. Koridor 5, jalur Ulee Kareng- Terminal Batoh.
  6. Koridor 6, rute Keudah - Syiah Kuala.
  • Tingkatkan Partisipasi Perempuan Melalui Musyawarah Rencana Aksi Perempuan (Musrena)

Perempuan membutuhkan forum tersediri terpisah dari laki-laki agar mereka lebih leluasa untuk menyampaikan aspirasinya tanpa harus merasa segan atau takut dibantah oleh kaum laki-laki.

Pemko memberi ruang bagi perempuan dalam berekspresi melalui Musyawarah Rencana Aksi Perempuan (Musrena). Program ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses perencanaan Kota Banda Aceh dan bersanding dengan proses perencanaan yang sudah ada sebelumnya. Usulan tersebut kemudian digabungkan dan dipilah sesuai skala prioritas dan kebutuhan kota secara umum.

Tujuan khusus dari metode perencanaan ini adalah untuk memperkuat posisi perempuan dalam porses pengambilan keputusan dan kebijakan yang selama ini didominasi oleh laki-laki. Musrena merupakan wadah yang demokratis, strategis, partisipatif, dan politis bagi kaum perempuan untuk dapat berkontribusi dan terlibat aktif dalam pembangunan.

Musrena juga menjadi wadah dan ajang pembelajaran bagi perempuan untuk meningkatkan kapasitasnya dalam menyuarakan aspirasinya di ruang publik. Sedangkan tujuan umum dari Musrena adalah untuk mewujudkan Kota Banda Aceh sebagai kota yang ramah gender.

Dalam perjalanannya, Musrena ini telah meraih prestasi di tingkat Nasional, yakni Innovative Government Award tahun 2012.

Berita Terbaru

Pemerintah Kota Banda Aceh - Jl. Tgk. Abu Lam U No.7, Banda Aceh 23242 | Telp (0651)22744

Copyright © 2017 Humas Setdakota Banda Aceh